Petunjuk B :
A, jika pernyataan betul, alasan betul dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
B, jika pernyataan betul dan alasan betul tetapi keduaya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
C, jika pernyataan betul dan alasan salah
D, jika pernyataan salah dan alasan betul
E, jika pernyataan dan alasannya salah
Petunjuk C :
A. jika (1), (2), dan (3) yang betul
B. jika (1) dan (2) yang betul
C. jika (2) dan (4) yang betul
D. jika hanya (4) yang betul
E. jika semuanya betul
Petunjuk A :
1. Dua organisme disebut satu jenis (spesies) apabila......
A. memiliki morfologi sama dan dapat dikawinkanA, jika pernyataan betul, alasan betul dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
B, jika pernyataan betul dan alasan betul tetapi keduaya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
C, jika pernyataan betul dan alasan salah
D, jika pernyataan salah dan alasan betul
E, jika pernyataan dan alasannya salah
Petunjuk C :
A. jika (1), (2), dan (3) yang betul
B. jika (1) dan (2) yang betul
C. jika (2) dan (4) yang betul
D. jika hanya (4) yang betul
E. jika semuanya betul
Petunjuk A :
1. Dua organisme disebut satu jenis (spesies) apabila......
B. dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan fertil
C. dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan steril
D. dapat saling kawin dan hidup pada habitat yang berbeda
E. memiliki morfologi sama dan hidup pada habitat yang sama.
Pembahasan :
Suatu organisme dikatakan satu jenis (spesies) apabila dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan fertil (subur)
Jawaban : B
2. Pernyataan berikut yang merupakan manfaat mikoriza bagi tanaman adalah....
A. membantu pertumbuhan bintil akar.
B. mengoptimalisasi penyerapan air dan unsur
C. meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan
D. meningkatkan ketahanan tanaman terhadap radiasi tinggi
E. meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan cendawan patogen
Pembahasan :
Mikoriza membentu pertumbuhan bintil akar (endomikoriza) yang dapat mengoptimalisasi penyerapan air dan unsur hara sehingga meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan dan serangan cendawan patogen
Jawaban : B
3. Tumbuhan paku yang dapat digunakan sebagai pupuk organik karena dapat bersimbiosis dengan alga untuk mengikat N2 dari udara adalah.....
A. Mersilea crenata
B. Azolla pinnata
C. Salvinia molesta
D. Equisetum debile
E. Asplenium nidus
Pembahasan :
Tumbuhan paku bersimbiosis dengan alga untuk mengikat N2 adalah Azolla pinnata.
Jawaban : B
4. Perhatikan gambar berikut :
Pada kurva di samping kondisi yang paling dekat yang menggambarkan potensi biotik dalam populasi pada grafik tersebut adalah...
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
Pembahasan :
Potensi biotik dalam populasi berarti jumlah pertumbuhan maksimal yang dapat dicapai suatu populasi maka gambaran yang sesuai pada kurva adalah A
5. Penyataan yang bukan merupakan pasangan yang tepat antara organ dan fungsinya adalah....
A. mulut mencerna amilum
B. lambung mencerna protein
C. usus besar mencerna protein
D. mulut mencerna karbohidrat
E. usus halus mencerna lemak.
Pembahasan :
- mulut untuk mencerna amilium(karbohidtat) menjadi disakarida
- lambung menghasilkan HCl uuntuk membunuh kuman, mencerna protein menjadi peoton, menggumpalkan kasein susu, dan mencerna lemak
- usus besar untuk pembusukan sisa-sisa makanan, dan absorpsi air.
- usus halus, untuk memecah amilum, memecahkan emulsi lemak menjadi asam lemak, pepton diubah menjadi asam amino
Jawaban : C
6. Bagian apikal ujung akar terdiri atas daerah :
(1) pemanjangan sel
(2) tudung akar
(3) pembelahan sel
(4) diferensiasi sel
Urutan jaringan dari bagian ujung ke pangkal akar adalah.....
A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 2 - 3 - 4 - 1
C. 2 - 3 - 1 - 4
D. 3 - 2 - 1 - 4
E. 3 - 2 - 4 - 1
Pembahasan :
Urutnan : tudung akar (2) - pembelahan sel (3) - pemanjangan sel (1) - diferensiasi sel (4)
Jawaban : C
7. Dalam glikolisis dihasilkan 4 molekul ATP untuk setiap satu molekul glukosa. Dua molekul ATP di antaranya digunakan dalam reaksi yang bersifat....
A. siklik
B. hidrolitik
C. termolitik
D. eksergonik
E. endergonik
Pembahasan :
Glikolisisi menggunakan 2 ATP dalam reaksi endergonik yaitu mengubah glukosa menjadi glukosa - 6 - P dan fruktosa - 6 -P menjadi fruktosa -1,6-bifosfat.
Jawaban : E
8. Organisme begenotip Aa dihasilkan dari induk betina yang bergenotip aa dan induk jantan yang bergenotip.....
A. aa
B. Aa
C. Aa atau aa
D. AA atau Aa
E. AA atau Aa atau aa
Pembahasan :
P : aa x ?
F : Aa
Maka induk yang lain AA atau Aa
Jawaban : D
9. Pendekatan konsep dalam teori evolusi Lamarck dan teori evolusi Darwin adalah...
A. adanya struktur homolog
B. seleksi alam yang mendorong evolusi
C. lingkungan yang berpengaruh pada pewarisan sifat
D. adanya sifat yang diwariskan pada keturunannya
E. pembentukan spesies dan nenek moyang yang sama.
Jawaban : B
10. Berikut ini adalah tahap dari kultur jaringan
(1) perbanyakan planlet
(2) pembentukan kalus sel
(3) aklimatisasi tanaman baru di tanah
(4) penumbuhan jaringan baru pada medium
Urutan tahapan yang benar adalah....
A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 2 - 3 - 1 - 4
C. 3 - 2 - 4 - 1
D. 3 - 1 - 2 - 4
E. 4 - 2 - 1 - 3
Pembahasan :
Jawaban ; E
Petunjuk B
11. Pencernaan mekanik hanya terjadi di dalam rongga mulut
SEBAB
Proses pencernaan pada organ tubuh selain ronggan mulut hanya merupakan pencernaan kimiawi
Pembahasan :
Pencernaan mekanik bisa terjadi di mulut dan empedal (pada bangsa burung)
Jawaban : E
12. Peristiwa intermediat warna bunga terjadi jika gen heterozigot memberikan fenotip perantara antara dominan homozigot dengan resesif homozigot.
SEBAB
Organisme dominan homozigot (diploid) menghasilkan lebih banyak enzim untuk metabolisme warna bunga dibandingkan organisme heterozigot.
Pembahasan :
Pada kasus intermediet, sifat antara yang muncul pada saat gen dalam kondisi heterozigot. Sifat antara muncul pada kondisi heterozigot tidak bisa menghasilkan enzim sebanyak kondisi dominan homozigot.
Jawaban A
Petunjuk C
13. Karakteristik bakteri metanogen adalah :
(1) pengurai
(2) anaerob
(3) mampu mereduksi CO2
(4) dapat memanfaatkan CH4
Pembahasan :
bakteri metanogen bersifatanaerob dan menghasilkan metana (CH4). Bakteri ini bersifat kemoautotrof yang bisa mereduksi CO2 menjadi bahan organik.
Jawaban : A
14. Hewan yang memiliki peredaran darah tertutup adalah....
(1) katak
(2) cacing tanah
(3) ikan
(4) belalang
Pembahasan :
- sistem peredaran darah tertutup yaitu sistem peredaran darah yang selalu berada/melalui pembuluh darah, tidak pernah langsung masuk ke jaringan tubuh. Contohnya : semua golongan vertebrata dan cacing tanah
- sostem peredaran darah terbuka yaitu sistem peredaran darah yang langsung masuk ke dalam jaringan tubuh dan masuk ke dalam pembuluh getah dengan ujung yang terbuka. Contohnya : belalang
Jawaban : A
15. Bacillus thuringiensis sebagai biopestisida menghasilkan....
(1) toksin yang merusak sistem pencernaan ulat
(2) toksin yang merusak permukaan kulit
(3) kristal toksin yang berypa protein
(4) eksotoksin
Pembahasan :
Bacillus thuringiensis jika termakan ulat, bisa mennghasilkan protein kristal yang bisa menyobek usus alat.
Jawaban : B
Soal dan pembahasan Biologi Ujian Masuk PTN tahun 2012
- Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 521
- Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 522
- Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 523
- Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 524
- Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 132
- Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 231
- Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 333
- Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 731
- Soal dan Pembahasan Biologi UMB 2012 480
- Soal dan pembahasan Biologi UMB 2012 280
Sumber :
Kumpulan Soal dan Pembahasan Biologi Plus Data Kisi-kisi SNMPTN/ SIMAK UI/UMB, Dra Komariah Prilanawati, dkk, Penerbit PT Duta, 2012
http://sandraamaliaa.blogspot.com/2012/12/media-tanam-kultur-jaringan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar