Sabtu, 21 Maret 2015

Petunjuk : Pilih Satu Jawaban Yang Paling Tepat

Bakteri dapat tumbuh dalam medium agar-agar yang mengandung glukosa. Beberapa bakteri ada yang memerlukan tambahan substansi seperti asam amino, misalnya bakteri auxotrop. Asam amino yang dibutuhkan sebagai tambahan diberi simbol + dan apabila tidak dibutuhkan diberi simbol -.
Hasil penelitian tentang pertumbuhan strain bakteri yang berbeda pada berbagai komposisi medium di perluhatkan pada tabel dibawah ini.
Tabel menunjukkan macam koloni bakteri yang tumbuh pada komposisi medium yang berbeda. Tada v pada kolom menunjukkan adanya pertumbuhan.


Cawan
Komposisi Medium
Macam koloni bakteri yang tumbuh
P
Q
R
S
A
Glukosa, Arginin, Prolin
V

V
V
B
Glukosa, Leusin, prolin
V
V
V

C
Glukosa, arginin, Leusin

V

V


1. Tabel diatas, menunjukkan bahwa koloni R dapat tumbuh bila ada asam amino berikut :
A. Arg+, Leu+, Pro+
B.  Arg+, Leu-, Pro+
C. Arg+, Leu+, Pro-
D. Arg-, Leu-, Pro+
E. Arg-, Leu-, Pro-
Pembahasan :
Dari tabel menunjukkan bahwa koloni R dapat tumbuh bila ada asam amino : Prolin (prolin sebagai asam amino yang dibutuhkan sebagai tambahan). Arg-, Leu-, Pro+
Jawaban : D

2. Koloni bakteri P merupakan bakteri ouxotroph. Hal ini ditunjukkan kenyataan bahwa bakteri P
A. dapat tumbuh pada 3 jenis asam amino
B. hanya dapat tumbuh kalau ada prolin.
C. hanya dapat tumbuh kalau ada glukosa
D. dapat tumbuh meskipun medium tidak mengandung leusin
E. dapat tumbuh dalam medium yang tidak ditambah arginin.
Pembahasan :
Koloni bakteri P merupakan bakteri auxotroph, yang diketahui bahwa bakteri P hanya dapat tumbuh jika ada prolin.
Jawaban B

3. Bila koloni S dikultur pada medium yang terdiri atas glukosa, leusin dan prolin maka bakteri S
A. tidak tumbuh karena auxotroph arg-
B. tidak tumbuh karena auxotroph Pro-
C. tidak tumbuh karena auxotroph Leu-
D. tumbuh karena auxotroph Leu-
E. Tumbuh karena auxotroph Pro-
Pembahasan :
Jika koloni S dikulturkan pada medium yang terdiri atas glukosa leusin dan prolin maka bakteri S tidak tumbuh karena bakteri S membutuhkan arginin atau tidak tumbuh karena bakteri S auxotroph arg+
Jawaban : -

4. Bila medium kultur terdiri atas glukosa, arginin dan prolin maka koloni bakteri Q.
A. tidak tumbuh karena auxotroph arg-
B. tidak tumbuh karena auxotroph Pro-
C. tidak tumbuh karena auxotroph Leu-
D. tumbuh karena auxotroph Leu-
E. Tumbuh karena auxotroph Pro-
Pembahasan :
Bila medium kultur  terdiri atas glukosa, arginin dan prolin, maka koloni bakteri Q tidak tumbuh karena membutuhkan asam amino leusin sebagai tambahan. ( tidak tumbuh karena auxotroph leu+)
Jawaban : -

5. Gambar dibawah ini menunjukkan empat tahapan mitosis yang terjadi pada sel hewan. Berikan urutan yang benar untuk keempat tahapan tersebut dalam proses berlangsungnya mitosis.

A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 2 - 4 - 1 - 3
C. 4 - 1 - 2 - 3
D. 4 - 2 - 1 - 3
E. 3 - 4 - 2 - 1

Pembahasan :
empat tahapan pembelahan mitosis : Profase - metafase - anafase - telofase (2 - 4 - 1 - 3)
Jawaban :  B

Piramida ekologi menggambarkan biomassa, jumlah atau kandungan energi pada tingkatan trofik yang berbeda dalam suatu ekosistem. Masing-masing tingkatan trofik digambarkan sebagai lapisan atau segmen dari piramida. Tingkatan trofik pertama pada bagian dasar piramida terdiri dari produsen dan tingkatan diatasnya adalah konsumen. Tingkatan trofik kedua terdiri dari herbivora sebagai konsumen primer (pertama), tingkatan yang lebih tinggi terdiri dari karnivora sebagai konsumen sekunder dan seterusnya.
Piramida enerdi dibangun dengan mengukur produktivitas atau laju akumulasi energi pada masing-masing tingkatan trofik. Penggambaran piramida energi seperti ini sangat penting karena dapat menunjukkan peran dari berbagai kelompok organisme dalam mengalirkan energi pada suatu ekosistem. Gambar di bawah ini menunjukkan piramida energi yang dibuat berdasarkan data yang dikumpulkan dari suatu ekosistem. Angka yang tertulis pada dasar piramida menunjukkan kandungan energi pada tingkatan trofik pertama
42.980 kilokalori

6. Jika diketahui bahwa efisiensi aliran energi antar tingkatan trofik adalah 10%, maka energi yang terkadung dalam konsumen tersier pada piramida di atas adalah kira-kira :
A. 4.298 kilokalori
B. 429,8 kilokalori
C. 43,0 kilokalori
D. 4,3 kilokalori
E. 0,4 kilokalori
Pembahasan :
Konsumen 1 = 10% x 42.980  = 4.2980 kkal
Konsimen 2  = 10% x 4.2980 = 429,8 kkal
Konsumen 3 = 10% x 429,8    = 42,98 kkal = 43 kkal
Jawaban : C

7. Jika komunitas di atas digambarkan dalam suatu piramida jumlah, maka tingkatan trofik dalam jumlah terkecil adalah....
A. tingkatan trofik 1
B. tingkatan trofik 2
C. tingkatan trofik 3
D. tingkatan trofik 4
E. tidak dapat disimpulkan dari informasi yang diberikan.
Pembahasan :
Tingkat trofik ke-4 adalah komunitas yang terkecil jumlahnya
Jawaban : D

8.  Untuk menggambarkan suatu ekositem perairan, organisme tingkat trofik 1 kemungkinan besar adalah....
A. produsen
B. pengurai
C. predator
D. parasit
E. parasitoid.
Pembahasan :
Karena untuk sebuah ekosistem yang lengkap, bukan hanya produsen dan konsumen tapi juga dibutuhkan pengurai
Jawaban B

9. Pada suatu ekosistem perairan, organisme pada tingkatan trofik 1 kemungkinan besar adalah....
A. ikan
B. mikroba
C. zooplankton.
D. fitoplankton
E. perifiton
Pembahasan :
Tingkat trofik I adalah tempat untuk produsen, dan produsen di perairan adalah fitoplankton
Jawaban : D

10.
Seorang laki-laki yang memiliki golongan darah O rhesus positif menikah dengan perempuan yang memiliki golongan darah B rhesus negatif. Informasi genetik pasangan ini dapat dilihat pada silsilah di atas. Jika pasangan tersebut kemudian memiliki keturunan, maka . golongan darah yang mungkin dimiliki oleh anak-anak mereka adalah....
A. B rhesus positif
B. O rhesus positif
C. B rhesus negatif dan B rhesus positif
D. O rhesus negatif dan O rhesus positif
E. B rhesus negatif, B rhesus positif O rhesus negatif , dan O rhesus positif


Pembahasan :
P : Laki-laki O rhesus             x       Perempuan  B  rhesus
       IoIo Rr                                          IBIo rr
F1 :  Io R        IBr  =  IBIo   Rr   =  B +
                       Ior  =  IoIo  Rr   =   O+
         Io r        IBr   =   IBIo   rr    =   B-
                       Ior   =   IoIo   rr   =   O-

Jawaban : E

11. Proses manakah di bawah ini yang paling tepat menggambarkan pembentukan zigot?
A. Peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur
B. percepatan replikasi DNA dan mitosis sel
C. pembelahan sel berturut-turut yang menghasilkan massa sel padat.
D. sel dengan 46 kromosom membelah membentuk sel dengan masing-masing 23 kromosom
E. sel dengan 46 kromosom membelah membentuk sel dengan masing-masing 46 kromosom
Pembahasan :
Pembentukan zigot diawali dengan proses fertilisasi, yaitu peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur.
Jawaban : A

Sekelompok siswa melakukan percobaan, dengan cara mengisi empat gelas beker (nomor  I - IV) dengan volume air kolam yang sama, lalu menempatkan keempat gelas beker tersebut pada kondisi suhu yang berbeda. Suhu gelas beker I, II, III, dan IVdivariasikan menggunakan pemanas air yang dipertahankan pada suhu berturut 5oC, 15oC, 25oC, dan 35oC. Selanjutnya, siswa memasukkan enam ekor kutu air Daphnia pulex ke dalam masing-masing gelas beker, sambil mencatat waktu pemasukkan. Setelah satu jam, tiga ekor Daphnia pulex dikeluarkan masing-masing gelas beker, lalu dilihat dibawah mikroskop. Daphnia pulex memiliki tubuh transparan yang dapat jelas teramati dengan mikroskop cahaya. Denyut jantung Dhapnia pulex diamati dan dicatat dalam satuan denyut per menit. Hasil pengamatan ditunjukkan pada tabel di bawah ini :

Beker
Suhu
Waktu pemasukan Daphnia
Waktu pengeluaran Daphnia
Rata-rata denyut jantung/mnt
I
5oC
14.00
15.00
41
II
15oC
14.10
15.10
119
III
25oC
14.20
15.20
202
IV
35oC
14.30
15.30
281


12. Variabel bebas dalam percobaan di atas adalah.....
A. suhu
B. jumlah Daphnia pulex
C. waktu
D. suhu air
E. denyut jantung rata-rata Daphnia pulex
Pembahasan :
Variabel bebas merupakan variabel yang diperlaukan berbeda pada setiap gelas beker, dalam percobaan ini yaitu suhu air.
Jawaban : D

13. Pada masing-masing gelas beker telah dimasukkan enem individu Daphnia pulex. Alasan utama melakukan hal ini supaya
A. diperoleh data populasi
B. tiga individu dapat dikorbankan untuk pengamatan.
C. memudahkan pemeliharaan.
D. diperoleh data yang lebih akurat melalui pengulangan
E. dapat dihitung denyut jantung perindividu.
Pembahasan :
Untuk memperoleh  data yang akurat, setiap percobaan harus melakukan pengulangan. Sehingga alasan dimasukkannya 6 individu Daphnia adalah untuk mempermudah proses pengulangan.
Jawaban : D

14. Hasil penyilangan antara tikus berwarna abu-abu dan tikus putih yang tidak diketahui genotipenya tertera pada tabel dibawah ini.


Penyilangan
Induk
Anak
Betina
Jantan
Abu-abu
Puith
I
Abu-abu
Putih
82
78
II
Abu-abu
Abu-abu
118
39
III
Putih
Putih
0
50
IV
Abu-abu
Putih
74
0

Jika betina abu-abu dari penyilangan IV dikawinkan dengan jantan abu-abu dari penyilangan II, maka kemungkinan besar hasil yang diperoleh adalah....
A. semua anak akan berwarna abu-abu
B. semua anak akan berwarna putih
C. setengah anaknya akan berwarna abu-abu
D. seperempat dari jumlah anak akan berwarna abu-abu
E. seperempat dari jumlah anak akan berwarna putih
Pembahasan :


Betina abu-abu                            Jantan abu-abu
Penyilangan IV                             Penyilangan II
        KK                           x                      Kk
G:     K,  K                                                 K, k
F1:   KK, Kk                                    
        (semua abu-abu)
 Jawaban : A

15. Gambar dibawah ini menunjukkan dua struktur homolog. Kedua struktur ini merupakan contoh dari :
A. variasi genetik antar individu dalam satu populasi
B. bagian tubuh organisme yang telah dimodifikasi melalui rekayasa genetika
C. bagian tubuh organisme yang telah mengalami mutasi
D. bagian tubuh organisme berkerabat yang dalam evolusi membentuk karakteristik berbeda
E. bagian tubuh organisme tidak berkerabat yang dalam evolusi membentuk karakteristik yang mirip.
Pembahasan :
Homolog  --> memiliki struktur yang sama, fungsi berbeda
Jawaban D


Soal dan pembahasan Biologi Ujian Masuk PTN tahun 2012
  1. Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 521
  2. Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 522
  3. Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 523
  4. Soal dan Pembahasan Biologi SIMAK UI 2012 524
  5. Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 132
  6. Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 231 
  7. Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 333 
  8. Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN 2012 731 
  9. Soal dan Pembahasan Biologi UMB 2012 480
  10. Soal dan pembahasan Biologi UMB 2012 280



 

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!