Jumat, 31 Juli 2015

Keseimbangan Lingkungan
Keseimbangan lingkungan terjadi jika dinamika rantai makanan, jaring makanan dan piramida makanannya tepat, artinya tidak ada mata rantai yang hilang. Gangguan keseimbangan lingkungan dapat terjadi secara alami ataupun karena ulah manusia.

Polusi
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi atau komponen lain ke dalam lingkungannya, atau perubahan tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga sehingga kualitas lingkungannya turun. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan.
Timbulnya polusi erat kaitannya dengan berbagai aktifitas manusia diantaranya :
- kegiatan industri
- kegiatan pertambangan
- kegiatan transportasi
- kegiatan pertanian

Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi beberapa kriteria, yaitu :
Menurut tempat terjadinya :
- pencemaran udara
- pencemaran air
- pencemaran tanah
- pencemaran suara

Menurut macam polutannya
- kimiawi
- biologi
- fisik

Menurut tingkat pencemarannya
- pencemaran ringan
- pencemaran sedang
- pencemaran berat

Dampak Perubahan Lingkungan
Perubahan  lingkungan hidup  menyebabkan adanya gangguan terhadap keseimbangan karena sebagian dari komponen lingkungan menjadi berkurang fungsinya. Perubahan tersebut dapat terjadi karena campur tangan manusia atau faktor alami. Salah satu faktor penyebab perubahan lingkungan adalah pemakaian DDT

Pengelolaan Lingkungan 
Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu dalam pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemulihan dan pengembangan lingkungan hidup.
Manusia yang memilii beberapa kelebihan dibandingkan dengan organisme lain adalah komponen yang tepat untuk mengelola lingkungan. Manusia mampu merombak, memperbaiki dan mengkondisikan lingkungan seperti yang dikehendakinya. Hal ini dilakukan agar lingkungan tetap lestari. Salah satu pengelolaan lingkungan adalah recycling atau pendaurulangan.



0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!