Selasa, 12 Mei 2015



Protista ini diberi nama stramenophila karena banyaknya juluran halus pada flagelanya (stramen = jerami/flagela, pilos = rambut). Anggota kelompok ini umumnya merupakan organisme fotosintetik dan sebagaian kecil heterotrop. Calon kingdom Stramenopila meliputi :
- Rhodophyta (ganggang merah)
- Diatom (Bacillariophya/Chrysophyta/alga pirang/alga keemasan)
- Phaeophyta (alga cokelat)
- Pyrhophyta (alga api)
- Chlorophyta (alga hijau)

RHODOPHYTA (GANGGANG MERAH)
Alga ini disebut alga merah dikarenakan plastida yang paling dominan dimiliki alga ini berupa fikoetrin (warna merah).Ganggang merah, atau Rhodophyta, adalah salah satu kelompok tertua eukariotik ganggang, dan juga salah satu yang terbesar, dengan sekitar 5.000 sampai 6.000 spesies.
Alga merah mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • umumnya mikroskopis dengan ukuran 10 cm - 1 meter
  • multiseluler bentuk benang dan lembaran, bahkan menyerupai tumbuhan tingkat tinggi
  • mempunyai pigmen warna berupa fikoetrin, xantofil, karoten dan klorofil
  • habitatnya di air laut, terutama di laut tropika
  • reproduksi vegetatifnya dengan pembentukan aplanospora di dalam sporangium, dan jarang terjadi fragmentasi, reproduksi deneratifnya dengan oogami, dengan perkembangbiakkan jantan disebut spermatogonium dan alat perkembangbiakkan betina disebut dengan karpogonium.
  • Ganggang merah yang berbeda mungkin memiliki bentuk filamen (Bonnemaisonia hamifera) atau bentuk berdaun (dulse, atau Palmaria palmata).
  • Siklus hidup dalam ganggang merah yang beragam dan termasuk pergantian generasi, tetapi karena mereka tidak memiliki tahap flagellated dalam siklus hidup mereka, gamet mereka hanya dapat dibuahi ketika arus air membawa mereka bersama-sama.


Rhodophyta biasanya ditemukan dalam air laut lebih hangat dan lebih lembut dan lebih kecil dari alga coklat (phaeophita). Rhodophyta juga dapat tumbuh pada kedalaman lebih di lautan, karena ganggang merah menyerap panjang gelombang hijau, ungu, dan biru,  yang menembus terdalam di bawah permukaan air. Karena penyerapan variabel cahaya sebagai fungsi dari panjang gelombang terhadap kedalaman, warna dominan perubahan ganggang dengan meningkatnya kedalaman. Secara khusus, ganggang merah cenderung berubah dari warna hijau pada yang dangkal, daerah pantai berbatu menjadi coklat pada kedalaman menengah dan akhirnya merah pada kedalaman lebih, pada ganggang terdalam hampir hitam. Mereka juga memiliki materi mucilaginous untuk menolak pengeringan.
Ganggang merah adalah ganggang yang paling melimpah di air tropis yang hangat, yang sangat jelas dan memungkinkan mereka untuk menggunakan aksesori pigmen untuk menyerap panjang gelombang cahaya biru dan hijau pada kedalaman yang relatif besar. Beberapa ganggang merah ditemukan di air tawar dan habitat darat. Meskipun mereka tidak pernah seluas raksasa ganggang coklat, ganggang merah terbesar dianggap “rumput laut.”
Ganggang merah sangat penting bagi pembentukan karang tropis, kegiatan yang mereka telah terlibat selama jutaan tahun. Dalam beberapa kasus, alga merah telah memberikan kontribusi jauh lebih banyak untuk struktur terumbu dibandingkan organisme lain, bahkan lebih dari karang. bangunan-karang Rhodophyta disebut alga berkapur, karena mereka mengeluarkan cangkang keras karbonat di sekitar mereka, dalam banyak cara yang sama seperti karang lakukan.
Spesies-spesies yang termasuk dalam kelompok ganggang merah adalah sebagai berikut :
  • Gellidium, berbentuk rumput tanpa daun tanpa cabang, habitatnya di laut, dapat juga sebagai bahan pembuat agar-agar serta sering juga digunakan sebagai es rumput laut.
  • Euchema spinosum, berbentuk seperti rumput, habitatnya di alut dangkal, sebagai bahan pembuat agar-agar.
  • Chondrus, berbentuk lembaran dan dapat digunakan sebagai bahan pembuat lem
  • Gracillaria, berbentuk rumput tanpa daun, bercabang-cabang kecil, habitatnya di laut, dapat juga sebagai bahan pembuat agar-agar serta sering unyuk membuat es rumput laut
  • Porphyra tenerakijellum, berbentuk lembaran dan dapat dikonsumsi.
  • Mastocarpus stellatus, sama seperti Chondrus crispus sering digunakan untuk makanan dan minuman. Mastocarpus stellatus banyak ditemukan di Irlandia dan Skotlandia.
  • Coralina officinalis, berwarna merah muda hingga kekuningan, tetapi berubah putih bila kering dan terkena cahaya matahari. Talus beruas-ruas dan banyak mengandung zat kapur, tetapi mudah patah. Coralina officinalis digunakan dalam industri kosmetik. 

MATERI DAN SOAL PROTISTA
  1. CALON KINGDOM ALVEOLATA 
  2. CALON KINGDOM ARKHAEZOA DAN CALON dikobarkan euglenozoa 
  3. CALON KINGDOM STRAMENOPILA - Chlorophyta 
  4. CALON KINGDOM STRAMENOPILA - Phaeophyta (ALGA COKLAT) 
  5. CALON KINGDOM STRAMENOPILA - PYRHOPHYTA 
  6. CALON KINGDOM STRAMENOPILA - Rhodophyta 
  7. CALON KINGDOM STRAMENOPILA- diatom (BACILLARIOPHYA / Chrysophyta) 
  8. Protista HEWAN 
  9. PROTSISTA tumbuhan DAN Protista JAMUR 
  10. Soal Biologi Protista 


Sumber :
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas X, R Gunawan susilowarno, dkk, Penerbit Grasindo, 2007





0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!