Jumat, 19 Desember 2014

BIOLOGI BAGI KEHIDUPAN

A. OBJEK BIOLOGI

B. CABANG-CABANG ILMU BIOLOGI

C. PERAN BIOLOGI
 Sebagai ilmu pengetahuan, biologi tidak berdiri sendiri melainkan erat hubungannya dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang lain, bahkan besar peranannya bila dikaitkan dengan kebutuhan manusia.
Peran modern mampu membuka tabir rahasia alam yang banyak dijumpai dalam alam kehidupan dan sangat berguna baginkemajuan dan kesejahteraan manusia.
Peranan biologi terhadap ilmu-ilmu lain, yaitu biologi sebagai ilmu pengetahuan stentu tidak dapat berdiri sendiri melainkan berhubungan erat dengan ilmu-ilmu lain. Sedangkan manfaat perkembangan ilmu biologi bagi kehidupan sebagai berikut :

1. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan dan perumahan serta energi.
2. Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tanaman pertanian yang membantu menyelesaikan masalah pangan.

3. Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia hewan, maupun tumbuhan
4. Menyingkap rahasia proses-proses kehidupan, pewarisan sifat, dan gen sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
5. Mengkaji dan melestarikan seluk beluk lingkungan lebih dalam dengan tujuan untuk kelestarian kehidupan.
6. Pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolah limbah yang telah ditemukan peneliti.


Penerapan Biologi
Penerapan bioteknologi dilakukan melalui pengintegrasian berbagai disiplin ilmu pengetahuan alam dan teknologi, termasuk mikrobiologi, biokimia, genetika biomolekuler, kimia, rekayasa proses, dan teknik kimia.
Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah bahan mentah dengan memanfaatkan kemampuan mikro organisme atau bagian-bagiannya, misalnya bakteri dan kapang. Selain itu, bioteknologi juga memanfaatkan sel tumbuhan atau sel hewan yang dibiakkan sebagai konstituen berbagai proses industri.

Pengolahan bahan pangan

Proses pembuatan bahan pangan dan minuman yang menggunakan mikroorganisme adalah :
-          Membuat roti menggunakan khamir Saccharomyces cereviseae
-          Pembuatan keju melibatkan organisme bakteri Lactobacillus dan Streptococcus serta Penicillium
-          Pembuatan mentega, menggunakan mikroorganisme Leuconostoc cremoris dan Streptococcus lactis
-          Pembuatan yoghurt melibatkan bakteri asam laktat Lactobacillus dan streptococcus thermophillus

Penghasil protein sel tunggal
Mikroorganisme bersel satu yang menghasilkan kadar protein besar sehingga dapat dikonsumsi oleh hewan atau manusia. Mikroorganisme tersebut adalah Methylophillus spirullina dan Chlorella.

Penghasil gas bio
Energi yang dikembangkan saat ini misalnya melalui produksi gas bio oleh mikroorganisme. Gas bio adalah gas metana yang diproduksi oleh mikroorganisme di dalam medium kotoran ternak pada suatu tangki fermentor. Mikroorganisme kemudian mencerna kotoran itu menjadi gas metana yang dapt dialirkan ke rumah-rumah sebagai penghasil energi mirip gas elpiji. Sedangkan limbahnya digunakan sebagai pupuk.

Pemisahan dan pengolahan limbah logam berat.
Chromium adalah limbah logam berat yang bersifat racun. Bekteri Enterobacter cloacae mampu mereduksi kromium menjadi tidak beracun.
Bakteri kemoautotrof dalah bakteri yang hidup dari zat-zat anorganik misalnya besi dan belerang, dan memperoleh energi pemecahan dari bahan kimia tersebut. Energi yang diperoleh digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air untuk mensintesis menjadi zat-zat organik.

Bayi tabung

Proses pertemuan sperma dan ovum dalam tabung kemudian dipelihara di dalam tabung selama tiga hari. Setelah itu embrio dimasukkan ke dalam rahim wanita yang akan mengandungnya hingga lahir.
Dipelihara di dalam tabung selama tiga hari hingga terbentuk blastula. Pada hari keempat diadalkan pemilihan blastula. Blastula yang terpilih dimasukkan ke dalam rahim ibunya. Proses ini disebut implantasi. Jika embrio ini menempel, sang ibu akan mengandungnya selama sembilan bulan hingga akhirnya akan dilahirkan bayi tabung. Teknik bayi tabung ini sekarang sudah umum dilakukan di rumah sakit ternama untuk mengatasi kesulitan memiliki keturunan.

Pembuatan antibiotik

Jamur Penicillium itu menghasilkan zat antibiotik (anti hidup) yang mematikan organisme lainnya. Zat antibiotik tersebut disebut sebagai penisilium.
Jamur Cephalosporium menghasilkan zat antibiotik sefalosporin yang dapat membunuh bakteri kebal terhadap penisilin. Secara alami ternyata dijumpai berbagai jamur yang mengeluarkan racun (antibiotik) ke lingkungannya, sehingga membunuh mikroorganisme
Mikroorganisme Streptomyces menghasilkan atibiotik streptomisin, guna melawan bakteri yang kebal terhadap penisilin dan sefalosporin. Penderita TBC seringkali mendapatkan antibiotik streptomicin ini. Gabungan antara pinisilin dan streptomisin sering disebut sebagai penstrep singkatan dari penisilin dan streptomicin

Teknik kultur jaringan dan pengklonan

Sel-sel tumbuhan dari manapun, baik dari akar, batang, maupun daun dapat ditumbuhan menjadi indifidu baru yang berakar, berbatang dan berdaun. Kemampuan sel tumbuhan untuk menjadi individu baru disebut totipotensi


Bahaya Perkembangan Biologi Bagi Kehidupan :



1. Digunakan untuk senjata biologis. Bakteri dan virus yang mematikan dapat digunakan sebagai senjata biologis untuk memusnahkan manusia.
2. Memunculkan organisme strain jahat. Dengan adanya rekayasa genetika, sifat – sifat makhluk hidup dapat diubah dengan mudah, termasuk menyisipkan gen jahat yang dapat digunakan untuk membunuh atau meneror manusia.
3. Mengganggu keseimbangan lingkungan. Organisme baru hasil rekayasa manusia dikhawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkirkan organisme yang telah ada di alam sehingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
4. Pelanggaran hukum dan nilai – nilai masyarakat. Misalnya ada seorang ibu yang hamil dengan teknik bayi tabung yang spermanya berasal dari bank sperma (tidak dari suaminya). Hal ini tentu akan nengaburkan status anak dan menimbulkan permasalahan di lain waktu.

Pelajari materi terkait :
  1. CABANG-CABANG ILMU BIOLOGI
  2. KARAKTERISTIK BIOLOGI 
  3. OBJEK BIOLOGI
  4. PENERAPAN METODE ILMIAH DALAM PENELITIAN BIOLOGI
  5. PERAN BIOLOGI
  6. MANFAAT BIOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN

EVALUASI MATERI BIOLOGI BAGI KEHIDUPAN

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!