Jumat, 02 Januari 2015

VIRUS DAN MONERA

Virus yang menguntungkan
1. virus yang menyerang baktri patogen.
virus ini dinilai menguntungkan karena virus dapat melumpuhkan atau mematikan bakteri patogen (bakteri yang menyebabkan penyakit), sehingga bakteri patogen menjadi tidak berbahaya lagi badi manusia
Misalnya, bakteri penyebab dipteri dan demam scarlet yang berbahaya akan merubah sifat  .menjadi tidak berbahaya jika disisipi profage dalam DNA nya.

2. Beberapa virus digunakan untuk membuat vaksin
Vaksin merupakan patogen (bibit penyakit) yang telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya lagi dan dapat merangsang tubuh membentuk antibodi sehingga ketika patogen sesungguhnya menyerang tubuh sudah menjadi kebal.



KOMPAS.com -Pembuatan vaksin terus dikembangkan. Kini bibit vaksin dihasilkan melalui rekayasa genetik. Penerapannya di Indonesia ditujukan untuk pembuatan vaksin flu burung. Dengan begitu kemandirian terbangun untuk mengantisipasi terjadinya pandemi virus tersebut.
3. virus sebagai alat diagnosis.
Fage-fage yang virulen dapat digunakan untuk mengenali dan mengidentifikasi bakteri-bakteri patogen sehingga dapat berfungsi sebagai alat diagnosis medis dan untuk mengetahui penyebaran suatu penyakit dalam masyarakat.

4. Virus sebagai antioksidan.
virus dengan teknik rekayasa genetika (penyisipan gen) dapat digunakan untuk menghasilkan antioksidan yang dapat digunakan untuk melawan penyakit pada manusia.

Virus yang merugikan
Beberapa penyakit manusia disebabkan oleh serangan virus, antara lain sebagai berikut :
Virus influenza

1) Influenza  disebabkan oleh Orthmyxovirud tipe A, B, dan C (virus RNA), yang menyerang pada saluran pernapasan atas. Sedangkan penyakit pilek disebabkan oleh Virus Coryza dan Rhinovirus (virus RNA).
2) Cacar air (voricela) disebabkan oleh virus Voricella. Sedangkan untuk cacar disebabkan oleh virus variola (virus DNA) atau othopox virus. Virus terdaoat lendir disaluran pernapasan kemudian masuk ke darah dan beredar  ke tubuh terutama kulit. Penyakit ini telah diketemukan vaksin pencegahannya oleh Edward Janner.
3) Polio disebabkan oleh Virus Polio (virus RNA), merupakan penyakit akut yang menyerang susunan syaraf pusat pada sistem gerak sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan pada kaki. Penyakit ini telah ditemukan vaksin untuk mencegahnya oleh Jonas Salk.,
4) Hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis, A, B, C, D, E (virus RNA). Virus ini menyerang hati penderita yang menyebabkan cairan empedu beredar keseluruh tubuh sehingga darah penderita berwarna kuning (penyakit kuning). Penyakit ini berdampak pada organ hati mengeras dan mengecil (kanker hati)
5. Gondong (parotis) disebabkan oleh virus yang tergolong Paramyxovirus (virus RNA). Apabila menginveksi kelenjar parotis maka akan timbil bengkak di bagian belakang telinga.
6) Campak (morbili) disebabkan oleh Morbilivirus dan Paramyxovirus A, (virus RNA) menginfeksi saluran pernapasan bagian atas dan di darah. Virus ini disebarkan ke seluruh bagian kulit.
7) Aids disebabkan oleh virus HIV2 dan HIV2 atau HTLV III yang masuk ke darah menyerang sel-sel darah putih T4, yaitu sel darah yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh. Aids bukanlah suatu penyakit seperti yang banyak orang pahami, tetapi peristiwa penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memungkinkan penyakit-penyakit lain merajalela menyerang tubuh.
penyakit AIDS

8) Kanker disebabkan virus Onkogen (virus DNA) yang mengubah sel inang menjadi sel kanker.
9) Rabies disebabkan oleh Rhabdovirus dan Lyzza virus (virus DNA). Virus rabies menyerang sistem saraf pada hewan maupun manusia. Penularan virus ini melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing dan kera. Penyakit ini ditemukan pencegahannya oleh Louis Pasteur.
10) Ebola disebabkan virus Ebola yang termasuk filovirus (virus RNA). Virus ini berbentuk seperti tabung, diameter 80 nanometer dan panjangnya 1000 - 14000 nanometer. Hidup pada eritrosit untuk inang sementara, sebelum menyerang organ tubuh manusia sehingga menyebabkan pendarahan yang hebat pada penderita. Vektor pembawa virus adalah kera, babi, dan darah manusia. Massa inkubasi berkisar antara 2 - 21 hari.
11) Herpes disebabkan oleh Herpes virus (virus DNA) menyerang membran lendir di mulut, alat kelamin, mata dan kulit. Kulit yang terserang terasa sakit, panas dan melepuh.
12) Demam Berdarah dan Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh Toga virus dan Dengue virus (DEN1, DEN2, DEN3, dan DEN4) (virus DNA) yang ditularkan oleh nyamuk ardes agepti  dan menyerang pembuluh darah sehingga bocor dan menyebabkan penderita mengalami penurunan jumlah trombosit yang drastis sehingga tampak adanya bercak-bercak merah pada bagian bawaah permukaan kulit.
13) SARS (Severe Acute Respyratory Sindrome = sendrom pernapasan akut) disebabkan oleh Coronavirus (virus DNA) yang menyerang sistem pernapasan melalui kontak dengan penderita.
14) Flu burung disebabkan oleh avian influenza (H5N1) dan Psikosis Orniithis Clamydiosis (virus RNA) yang ditularkan oleh hewan ternak unggas.
15) Trachom mata, disebabkan oleh Trachoom  virus DNA) yang ditularkan lewat udara)
16) Meningitis atau radang selaput otak disebabkan oleh Arenavirus (DNA).

Penyakit Hewan yang disebabkan oleh Virus 
1) Tetelo (sempera) penyakit pada ayam yang disebabkan virus New Castle Disease (NCD) tergolong virus DNA
penyakit tetelo pada ayam

2) Penyakit mulut dan kuku pada sapi, disebabkan oleh foot and Mouth Disease Virus (FMDV) tergolong virus DNA
3) Rabies yang menyerang anjing, kucing, dan monyet yang disebabkan oleh Rhabdovirus (virus DNA)
4) Penyakit kanker pada ayam disebabkan oleh Rouse Sarcoma Virus (virus DNA)
5) Penyakit tumor dan infeksi paruparu hewan ternak, disebabkan oleh Adenovirus (virus DNA)

Penyakit Tumbuhan yang Disebabkan Oleh Virus

1) Penyakit bercak kuning (mosaik) daun tembakau disebabkan oleh TMV (tobacco Mozaic Virus)
2) Penyakit degenerasi floem batang jerik disebabkan oleh CVPD (citrus virus Phloem Degeneration).
3) Penyakit mozaik pada kentang, disebabkan oleh Potato Mosaic virus.
4) Penyakit batang kerdil pada padi disebabkan oleh virus tungro
5) Penyakit yang menyerang tumbuhan beet disebabkan oleh beet yellow virus (BYV)

Pelajari Materi terkait :
  1. BENTUK BAKTERI 
  2. CYANOPHYTA (SYANOBACTERIA)
  3. KLASIFIKASI BAKTERI
  4. MONERA 
  5. PENGELOMPOKKAN BAKTERI
  6. PERANAN BAKTERI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
  7. PERANAN VIRUS DALAM KEHIDUPAN
  8. PROSES DAN MEDIA PENULARAN VIRUS
  9. REPLIKASI/REPRODUKSI VIRUS
  10. REPRODUKSI BAKTERI
  11. VIRUS

Sumber :


R. Gunawan Susilowarno dkk, BIOLOGI untuk Kelas X, Penerbit Grasindo 2007
Istamar Syamsuri dkk, Biologi  Untuk SMA kelas X Semester 1, Penerbit Erlangga, 2007
 

2 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!