Kamis, 29 Januari 2015

 PILIHAN GANDA
1. Hewan-hewan berikut yang merupakan hewan endemik Indonesia adalah....
A. komodo
B. badak bercula satu
C. Burung maleo
D. Cendrawasih
E. penyu hijau

2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari pebgelompokkan organisme dengan dasar-dasar tertentu dan menempatkan dalam tingkat-tingkatan tertentu disebut...
A. klasifikasi
B. sistematika
C. taksonomi
D. morfologi
E. anatomi

3. Hewan-hewan yang terancam punah adalah...
A. zabra
B. rusa
C. banteng
D. tapir
E. serigala

4. Langkah-langkah berikut merupakan upaya pelestarian sumber daya alam secara in situ....
A. Penangkaran jalak bali di Wonokromo Surabaya
B. pembuatan kebun plasma nutfat
C. pendirian kebun raya
D. penangkaran penyu di Taman Nasional Meru Betiri.
E. pengenbangbiakan komodo do Kebun binatang.

5. Keanekaragaman hayati berikut ini yang mempunyai nilai ekeologis dan estetika sekaligus adalah...
A. Kayu jati.
B. buah-buahan
C. terumbu karang
D. daun kelapa
E. orag utan

6. Berukikut adalah aktifitas yang mengancam kelestarian keanekaragaman hayati, kecuali...
A. penebangan hutan.
B. pencemaran air limbah industri.
C. budidaya monokultur
D. penggunaan pestisida
E. pemupukan lahan pertanian

7. Garis Wallace yang menjadi berrier penyebaran hewan merupakan garis pemisah antar pulau...
A. Jawa dan Bali
B. Kalimantan dan Sulawesi
C. Sumateraa dan Jawa
D. Maluku dan Nusa Tenggara
E. Sulawesi dan Maluku

8. Ciri-ciri yang tidak dimiliki olek kelompok Plantae adalah...
A. multiseluler
B. dinding sel
C. berklorofil.
D. selnya berinti banyak
E. mempunyai hifa

9. Organisme yang mempunyai familia sama mempunyai...
A. genus, ordo, dan filum yang sama
B. kelas berbeda, ordo dan filum sama
C. spesies, genus sama, kelas berbeda
D. spesies, genus berbeda, kelas sama
E. genus, kelas berbeda, ordo sama

10. Tingkat takson yang paling rendah menempatkan padi dan jagung dalam tingkatan takson...
A. genus
B. familia
C. ordo
D. kelas
E. divisio

11. Tujuan klasifikasi adalah...
A. menyederhanakan objek studi
B. menentukan persamaan ciri
C. memberikan nama ilmia pada makhluk hidup yang ditemukan
D. melestarikan makhluk hidup
E. menentukan hubungan kekerabatan makhluk hidup.

12. Perbedaan ayam yang ditemuakn antara anak-anak ayan dalam satu keturunan menunjukkan keanekaragaman tingkat....
A. gen
B. spesies
C. ekosistem
D. dalam genus
E. dalam familia

13. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman tingkat jenis adalah...
A. susunan materi gen
B. lingkungan
C. materi gen dan lingkungan
D. adaptasi dan lingkungan
E. interaksi antara lingkungan biotik dan abiotik

14. Kelompok organisme berikut yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat gen adalah...
A. mawar, melati, dahlia
B. sirsat, sirkaya, buah nona
C. palem, kelapa, aren
D. pisang ambon, pisang raja, pisang susu
E. kelapa kopyor, kelapa hijau, kelapa hibrida

15. Faktor yang menyebabkan terjadinya tingkat gen adalah...
A. lingkungan
B. adaptasi
C. susunan materi genetik
D. materi genetik dan lingkungan
E. lingkungan dan adaptasi.

16.Urutan takson dari tingkat rendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut :
A.  spesies - genus - familia - ordo - kelas - filum
B.  spesies - filum - genus - familia - ordo - kelas
C.  spesies - genus - filum - familia - ordo - kelas
D.  spesies - genus - familia - filum - ordo - kelas
E.  spesies - genus - familia - ordo - filum - kelas

17. Penulisan nama spesies di bawah ini yang benar adalah...
A. Zea Mays
B. Zea mays
C. zea Mays
D. zea mays
E. Zea - mays

18. Sistem klasifikasi yang mendasarkan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar takson adalah...
A. sistem buatan
B. sistem alami
C. sistem filogenik
D. sistem artifisial
E. sistem terbentuknya takson

19. Keanekaragaman polulasi disebabkan oleh...
A. jumlah polulasi di dunia yang sangat banyak
B. adanya persamaan ciri-ciri antar populasi dengan populasi yang lain
C. adanya persamaan ciri dari anggota populasi tersebut.
D. adanya keanekaragaman dari individu anggota populasi
E. setiap populasi mempunyai ciri khusus

20. Sumber keanekaragaman makhluk hidup terdapat pada...
A. gamet jantan
B. gamet betina
C. protein tubuh
D. kromosom
E. gen

21. Keanekaraman dalam satu spesies disebut...
A. variasi
B. interaksi
C. komunikasi
D. Keanekaragaman gen
E. keanekaragaman ekosistem.

ESSAY
1. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati ?
2. Mengapa individu-individu dalam satu spesies menunjukkan keanekaramana ?
3. Apa yang dimaksud dengan sistem klasifikasi alami ? Berikan contohnya !
4. Keanekaragaman makhluk hidup sangan penting artinya bukan hanya bagi manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya, mengapa demikian ?

5.Melihat kenyataan bahwa kerusakan ekosistem di Indonesia telah menunjukkan angka yang besar, apa yang sebaiknya dilakukan terhadap ekosistem di Indonesia ? Jelaskan !

6. Tuliskan aktivitas manusia yang dapat membahayakan bagi kelestarian ekosistem dan tuliskan pula bahaya yang akan timbul bila hal itu tidak teratasi

7. Tunjukkan pula hewan dan tumbuhan yang di ambang kepunahan dan jelaskan upaya yang dilakukan agar tumbuhan dan hewan yang hampir punah dapat dilindungi dan dikembangbiakkan?

8. Seberapa kerusakan ekosistem di Indonesia dan apa penyebabnya ? Jelaskan !

9. Tuliskan dua daerah cagar alam dan margasatwa di pulau jawa dan tunjukkan jenis hewan yang dilindungi !

10. Apa yang dapat diambil manfaatnya bila kita mempelajari keanekaraman hayati ? Jelaskan !

Materi-Materi yang berkaitan :
  1. KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN KLASIFIKASI
  2. KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI
  3. KEGIATAN MANUSIA YANG MEMPUNGARUHI BIODIVERSITAS DAN KLASIFIKASI
  4. KEUNIKAN TUMBUHAN DAN HEWAN KHAS INDONESIA
  5. KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
  6. soal keanekaragaman hayati

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!