Sabtu, 25 April 2015



Proses pertumbuhan anak manusia juga dituliskan di dalam Al-Qur'an Surat Al Haj ayat 5
Yang artinya :

Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.
Kurang lebih setiap 28 - 32 hari sekali ovarium melepaskan sebuah ovum ke dalam tuba fallopi. Jika sebelum terjadi kopulasi (hubungan kelamin) dan sperma dapat mencapai ovum, terjadilah fertilisasi di dalam tuba falopi. Bila dalam waktu 24 jam tidak dibuahi ovum akan mati dan dikeluarkan dari tubuh. Tetapi, sperma dapat bertahan selama beberapa hari di dalam ruang reproduksi wanita.

Hasil fertilisasi ialah zigot yang akan membelah menjadi embrio kemudian mencapai uterus dalam waktu 3 - 7 hari untuk implantasi/penanaman embrio di dalam rahim. Embrio tersebut akan mengalami proses organogenesis (pembentukan organ tubuh) di dalam rahim. Akibat pembelahan sel ini, maka terbentuklah 2 bagian utama yaitu embrio yang sebenarnya yang nantinya menjadi bayi dan membran ekstra embrio yang akan membentuk selaput amnion untuk melindungi janin dari goncangan. Plasenta merupakan jaringan yang kaya pembeluh darah dengan fungsi seperti usus bayi, yaitu menerima zat makanan, seperti fungsi paru-paru yaitu menerima O2 dan membuang CO2 dan fungsi seperti ginjal membuang urea. Plasenta ini, menghubungkan dinding uterus dengan yali pusar, sedangkan tali pusar, sedangkan tali pusar menghubungkan tubuh janin dengan plasenta.
Selama dua bulan pertama kehamilan struktur dasar organ bayi di bentuk, karena itu sangat peka terhadap hal-hal yang mengganggu tahap-tahap perkembangan bayi misalnya obat-obatan tertentu, goncangan jiwa, dan penyakit-penyakit tertentu.
Selama wanita hamil banyak terjadi pembentukan dan perubahan hormonal, antara lain hormon progresteron dan estrogen tetap dihasilkan oleh plasenta untuk mempertahankan dan menumbuhkan plasenta untuk menumbuhkan plasenta itu sendiri. Selama kehamilan sekresi FSH dan LH dihambat sehingga perkembangan folikel terganggu maka selama hamil wanita tidak menjadi menstruasi.
Setelah kurang lebih 9 bulan kehamilan, plasenta mengalami penuaan dan sekresi dari kelenjar hipofisis posterior meningkat , dan beberapa hormon lain yang merangsang kontrkasi uterus antara lain hormon prostaglandin juga meningkat. Perubahan hormon ini menyebabkan rasa sakit selama masa pra persalinan akibat kontraksi dinding rahim. Kemudian serviks (leher rahim) akan membuka dan dengan semakin kuatnya kontraksi uterus maka selaput amnion pecah dan keluarlah cairan amnion melalui vagina. Tidak lama kemudian bayi akan segera lahir, dan pemotongan tali pusar akan dilakukan lalu diikuti dengan keluarnya plasenta. Seorang bayi yang baru lahir biasanya akan menangis yang menandakan mulai berfungsinya katup paru-paru karena katup antara serambi kanan dan kiri menutup. Jika katup itu tidak menutup akan meyebabkan penyakit jantung bawaan.


MATERI DAN SOAL BIOLOGI SISTEM REPRODUKSI
  1. AIR SUSU IBU 
  2. FERTILISASI, KEHAMILAN DAN KELAHIRAN 
  3. KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI
  4. ORGAN KELAMIN WANITA DAN OOGENESIS 
  5. ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN SPERMATOGENESIS 
  6. PEMBENTUKAN GAMET PADA TUMBUHAN
  7. PEMELIHARAAN KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI DAN PERILAKU SEKSUAL YANG SEHAT
  8. POLINASI/PERSARIAN DAN FERTILISASI 
  9. PUBERTAS DAN MENSTRUASI. 
  10. REPRODUKSI ASEKSUAL
  11. REPRODUKSI SEKSUAL
  12. Soal Biologi Sistem Reproduksi (2) 
  13. TEKNOLOGI REPRODUKSI 
  14. soal biologi sistem reproduksi

 
Sumber :
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas XI, R Gunawan Susilowarno, dkk, Penerbit Grasindo, 2007
http://cirihamil.com/tabel-perkembangan-berat-dan-panjang-badan-janin/
 https://wandylee.wordpress.com/2012/04/07/pertumbuhan-dan-perkembangan-manusia/

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!