Selasa, 21 April 2015

Beberapa daerah di wilayah Indonesia dilanda banjir dan yanah longsor dalam beberapa tahun terakhir ini. Telah banyak korban jiwa, pengungsian ribuan penduduk, dan banyak kerugian materi yang ditimbulkan akibat bencana tersebut.
Lingkungan merupakan kesatuan semua benda, keadaan, dan mkhluk hidup serta prilakunya yang mempengaruhi kelangsungan hidup daan kesejahteraannya. Manusia merupakan bagian dari lingkungan. Oleh karena itu, manusia selalu dihadapkan pada masalah-masalah lingkungan dan perubahan-perubanan lingkungan yang terjadi akibat perbuatan manusia.

Keseimbangan Lingkungan
Di dalam suatu ekosistem senantiasa terjadi berbagai dinamika kehidupan, seperti rantai makanan, jaring-jaring makanan, produktivitas, siklus materi dan aliran energi, dan piramida energi lainnya. Sifat dinamika kehidupan dalam suatu ekosistem bersifat fluktuatif, luwes, elastis serta dinamis. Jika dinamika kehidupan dalam suatu ekosistem berjalan secara normal sesuai peruntukannya dan bersifat dinamis maka hal itu akan menggambarkan kondisi lingkungan dalam keadaan seimbang.
Jadi yang dimaksud dengan lingkungan yang seimbang adalah lingkungan dimana seluruh dinamika ekosistemya berjalan wajar, dinamis yang ditandai dengan tidak adanya pertumbuhan yang menyolok  pada salah satu komponen ekosistem.
Lingkungan yang seimbang akan memeberikan daya dukung bagi makhluk hidup (termasuk manuisa yang ada di dalamnya. Daya dukung lingkungan diartikan kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya sampai pada tingkat kestabilan sosial tertentu. Lingkungan yang mempunyai daya dukung yang baik akan mendorong terciptanya lingkungan yang bermutu. Mutu lingkungan diartikan ketersediaan sumber daya lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk lainnya sampai pada tingkat kestabilan sosial tertentu.
Namun jika lingkungan sudah tidak mampu memberi daya dukung baik secara kulaitatif maupun kuantitatif bagi manusia dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya, berarti lingkungan sudah tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya. Lingkungan yang demikian disebut lingkungan yang terdegradasi (degradasi lingkungan)
Maka jelas sudah penyebab bencana banjir di beberapa kota di Indonesia karena kondisi lingkungan yang sudah tidak lagi seimbang.

Perbuatan Manusia yang Menyebabkan Perubahan Lingkungan
Perubahan lingkungan disebabkan oleh dinamika penduduk, pemanfaatan/pengelolaan lingkungan yang kurang bijaksana, kemajuan IPTEK, dan lain-lainnya. Tindakan-tindakan manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan antara lain sebagai berikut :
a. Perusakan hutan
Hutan merupakan tempat di mana terdapat banyak sumber daya alam yang mendukung kehidupan manusia secara terus menerus. Namun manusia mengambil dan memanfaatkan (eksploitasi) sumber daya hutan secara besar-besaran tanpa memeperhatikan pemulihan dan pelestarian hutan.
Akibatnya, hutan banyak yang musnah dan rusak sehingga terjadi erosi, banjir, tanah longsor dan berkurangnya sumber daya air.

b. Pembangunan perumahan
Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat, memberikan dampak kebutuhan perumahan yang meningkat. Oleh karena itu, pembangunan perumahan dilakukan secara besar-besaran, terutama di daerah yang banyak penduduknya tanpa konsep lingkungan yang baik dan tidak memperhatiakn daya dukung lingkungannya. akibatnya, daerah peresapan air, jumlah pohon, dan lahan pertanian menjadi berkurang sehingga dapat menyebabkan berkurangnya produksi pangan, masalah banjir, dan kualitas hidup.

c. Urbanisasi
Pembangunan ekonomi yang tidak merata di pedessaan dan di kota besar membuat banyak penduduk pindah ari desa ke kota. Semakin padatnya jumlah penduduk di perkotaan mengakibatkan menurunnya kualitas kota, terbentuk daerah kumuh, masalah sampah, pencemaran limbah domestik dan penurunan kesejahteraan.

d. Intensifikasi pertanian
Intensifikasi bertujuan meningkatkan produksi pangan, tetapi memberikan dampak yang merugikan, misalnya polusi/pencemaran air, dan lahan karena penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dan erosi plasma nutfah

MATERI DAN SOAL PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM
  1. EKOSISTEM DARAT (TERESTRIAL)
  2. EKOSISTEM PERAIRAN
  3. HUBUNGAN MAKAN DAN DIMAKAN ANTARA MAKHLUK HIDUP
  4. KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT KEGIATAN MANUSIA 
  5. KOMPONEN EKOSISTEM
  6. MACAM-MACAM BENTUK INTERAKSI KOMPONEN BIOTIK-ABIOTIK
  7. MELAKUKAN PERBAIKAN LINGKUNGAN 
  8. PEMANFAATAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK KELESTARIAN LINGKUNGAN 
  9. PERANAN MANUSIA DALAM PERUBAHAN LINGKUNGAN 
  10. PIRAMIDA EKOLOGI 
  11. POLUSI
  12. POLUSI AIR
  13. SIKLUS BIOGEOKIMIA 
  14. SUKSESI EKOSISTEM
  15. Soal Peranan Manusia dalam Keseimbangan Ekosistem 
  16. UPAYA MANUSIA DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KERUSAKAN LINGKUNGAN


Sumber :
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas X, R Gunaawan Susilowarno, dkk, Penerbit Grasindo, 2007


0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!