Pilihan Ganda
2. Pada sistem klasifikasi filogeni, dua makhluk hidup yang berbeda dan dikelompokkan pada tingkat takson yang semakin tinggi akan memiliki …
a. Persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
b. Persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
c. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup makin jauh
d. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup semakin dekat
e. Antar makhluk hidup tidak saling memiliki hubungan perkerabatan
3. Kelompok makhluk hidup dibawah ini yang memiliki hubungan perkerabatan yang dekat adalah …
1. Oryza sativa (padi)
2. Phaseolus vulgaris (buncis)
3. Beta vulgaris (gula Biet)
4. Phaseolus radiatus (Kacang hijau)
5. Kanabis sativa (ganja)
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 4
4. Nama ilmiah dari tanaman seperti gambar dibawah ini adalah …
a. Cana edulis
b. Canabis sativus
c. Manihot utilisima
d. Oryza sativa
e. Zea mays
5. Nama ilmiah seperti: Zalaca edulis (salak), Tapirus indicus (tapir) dan Anoa depresicornis (anoa), merupakan salah satu syarat nomenklatur binomial jenis …
a. Nama ilmiah harus terdiri atas 2 suku kata
b. Nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
c. Kata pertama menunjukkan keterangan dari kata kedua
d. Kata pertama menunjukkan genus dari species tersebut
e. Singkatan dibelakang nama ilmiah menunjukkan takson genus
6. Penulisan nama ilmiah sesuai aturan Nomenklatur binomial dari tanaman kembang sepatu adalah …
a. Hibiscus-rosa sinensis
b. Hibiscus Rosa Sinensis
c. Hibiscus rosa-sinensis
d. hibiscus Rosa-sinensis
e. Hibiscus rosa-Sinensis
7. Nama ilmiah dari kucing hutan adalah …
a. Felix catus
b. Felix domestica
c. Felix tigris
d. felix leo
e. felix felixa
8. Alasan penggunaan bahasa latin dalam penamaan makhluk hidup (Nomenklatur binomial) adalah .....
a. Bahasa latin bersifat universal
b. Hanya ada satu nama untuk beberapa makhluk hidup
c. Bahasa latin adalah bahasa yang berkembang
d. Negara latin merupakan tempat lahirnya para ilmuwan
e. Bahasa latin merupakan bahasa international
9. Kelompok-kelompok makhluk hidup dari yang banyak persamaannya dalam satu kelompok, sampai yang sedikit persamaannya. Tingkatan kelompok makhluk hidup disebut …..
a. taksonomi
b. takson
c. klasifikasi
d. identifikasi
e. determinasi
10. Nangka, sukun, cempedak adalah kelompok tanaman yang buahnya berduri, daun berukuran besar, dan memiliki bunga jantan dan betina. Cara pengelompokkan tersebut didasarkan pada sistem klasifikasi .....
a. klasifikasi sistem sistem natural
b. Sistem klasifikasi sistem buatan
c. Sistem klasifikasi sistem alami
d. Sistem klasifikasi sistem filigeni
e. Sistem klasifikasi sistem taksonomi
11. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat. Ia mengumpulkan specimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya ke dalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu, dan herba.
Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi …....
a. Buatan oleh Charles Darwin
b. Alami oleh carolus linnaeus
c. Filogeni oleh charles darwin
d. Buatan oleh Aristoteles
e. Alami dan filogeni
12.Pernyataan yang tepat untuk sistem klasifikasi buatan adalah …....
a. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang dikembangkan oleh Charles Darwin
b. Sistem pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan sejarah asal usulnya
c. Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup dengan melihat hubungan perkerabatannya
d. Sitem pengelompokkan makhluk hidup dengan mengutamakan ciri yang mudah diamati baik dari dalam maupun dari luar
e. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang mengutamakan tujuan praktis, dan cara yang sederhana
13. Sistem klasifikasi yang mengelompokkan makhluk hidup dengan lihat persamaan sejarah evolusi makhluk hidup adalah …
a. sistem klasifikasi fillogeni
b. sistem klasifikasi buatan
c. sistem klasifikasi alami
d. sistem klasifikasi natural
e. sistem klasifikasi artifisial
14.Manakah yang bukan merupakan tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup, kecuali ….
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup agar mudah di amati
b. Mengetahui hubungan perkerabatan antar makhluk hidup
c. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki
d. Mengurutkan proses perkembangan individu berdasarkan hubungan perkerabatan
e. Merubah susunan tubuh hewan berdasarkan urutannya
15. Pernyataan tentang pengelompokkan makhluk hidup.
1. memudahkan pengenalan
2. memudahkan penyimpanan
3. membuat lebih teratur dan rapi
4. Memudahkan pencarian
5. Membuat beragam bentuk baru
Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi adalah ….
a. 1 - 3 - 5
b. 2 - 4 - 5
c. 1 - 3 - 4
d. 2 - 3 - 5
e. 1 - 2 - 3
16. Berikut adalah nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang terdapat disekitar kita :
1. Curcuma domestica
2. Musa texstilis
3. Musa paradisiaca
4. Felix domestica
Berdasarkan nama ilmiahnya, manakah yang paling dekat kekerabatannya ?
A. 1dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4
17. Ikan dan katak dikelompokkan pada kelas berbeda, tetapi mempunyai persamaan yaitu ………….
A. poikiloterm
B. vivipar
C. ovovivipar
D. homototerm
E. eksoskeleton
18. Orang pertama yang memperkenalkan sistem nama ganda adalah …………..
A. Carolus Linnaeus
B. Aristoteles
C. Charles Darwin
D. Gregor Mendel
E. Antoni Van Leuwenhoek
19. Keuntungan nama ilmiah adalah …………………………
A. dikenal oleh ilmuwan lain
B. digunakan untuk beberapa jenis organisme
C. terdiri dari banyak nama ilmiah untuk satu jenis organisme
D. dikenal oleh ilmuwan biologi seluruh dunia
E. menggunakan bahasa Inggris
20. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh …………………….
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Robeert Hooke
E. Robeert H. Wittaker
21. Tanaman berikut berkerabat dekat dengan kacang tanah adalah …………….
A. jagung
B. padi
C. kedelai
D. kentang
E. ketela pohon
22. Di bawah ini yang menunjukkan nama suku adalah ………………
A. Rubiaceae
B. Rubiales
C. Myrtales
D. Hibiscus
E. Hibiscus rosasinensis
23. Pernyataan berikut yang benar mengenai Allium cepa (bawang merah) dan Allium sativum (bawang putih) adalah ……
A. jenis sama, marga sama
B. marga sama, suku berbeda
C. marga sama, jenis berbeda
D. jenis sama, marga berbeda
E. suku berbeda, jenis sama
B. Plantae
C. Fungi
D. Protista
E. Monera
B. kelas
C. bangsa
D. genus
E. spesies
B. melestarikan jenis makhluk hidup
C. memberi nama ilmiah untuk setiap makhluk hidup
D. menemukan ciri setiap makhluk hidup
E. menentukan persamaan sifat antara makhluk hidup
27. Seorang siswa menentukan tumbuhan dengan ciri sebagai berikut : batang pendek di dalam tanah berupa rizoma, berakar serabut, tidak mempunyai bunga, dan berkembang biak dengan spora. Tumbuhan tersebut termasuk ke dalam divisio......
A. Alga
B. Bryophyta
C. Pteridophyta
D. Gymnospermae
E. Fungi
28. Untuk tingkatan takson yang tertinggi sampai terendah adalah ………………
A. kingdom - phylum/division - classis - ordo - genus - familia – spesies
B. kingdom - phylum/division - classis - ordo - familia - genus - spesies
C. kingdom - phylum/division - classis - ordo - spesies - genus – familia
D. kingdom - kelas - filum/division - ordo - famili - genus - spesies
E. kingdom - ordo - kelas - filum/division - genus - famili - spesies
29. Berdasarkan system tata nama ganda (Binomial nomenclature) , cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah …………………………
A. Cocos nucifera
B. Cocos Nucufera
C. cocos Nucifera
D. cocos nucifera
E. COCOS NUCIFERA
30. Ilmu pengelompokkan makhluk hidup adalah...
A. taksonomi
B. sistematika
C. klasifikasi
D. morfologi
E. fisiologi
Essay
1. Sebut dan jelaskan tiga tahapan dalam klasifikasi makhluk hidup
2. Apakah yang dimaksud dengan pelestarian in-situ dan eks-situ. Berikan msing-masing tiga contoh !
3. Jelaskan kekayaan flora dan fauna yang bagaimana, bisa dikatakan mempunyai nilai estetika dan nilai budaya !
4. Mengapa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan flora dan fauna yang mendukung keanekaragaman hayati ?
5. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman ekosistem
6. apa yang disebut keanekaragaman hayati !
7. Mengapa individu-individu dalam satu spesies menunjukkan keanekaragaman !
8. Apa yang dimaksud dengan sistem klasifikasi alami? Berikan contohnya?
9. Keanekaragaman makhluk hidup sangat penting artinya bukan hanya bagi manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya, mengapa demikian?
10. Apa yang dapat diambil manfaatnya jika kita mempelajari keanekaragaman hayati? Jelaskan
11. Tuliskan dua daerah cagar alam dan margasatwa di pulau Jawa dan tunjukkan jenis hewan yang dilindungi?
12. Seberapa besar kerusakan ekosistem di Indonesia dan apa penyebabkan? Jelaskan!
13. Tunjukkan hewan dan tumbuhan yang diambang kepunahan dan jelaskan upaya yang dilakukan agar tumbuhan dan hewan yang hampir punah dapat dilindungi dan dikembangbiakkan!
MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI :
Sumber :
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas X. R GunawanSusilowarno, dkk, Grasindo, 2007
1. Dasar dari terbentuknya sistem klasifikasi tiga kingdom
adalah .....
a. diketemukannya organisme jamur
b. ditemukannya mikroskop sederhana oleh Anthoni van Leuwenhoek
c. ditemukannya organisme uniseluler yang disebut protista
d. ditemukannya organisme prokariotik
e. ditemukannya jenis tumbuhan baru
a. diketemukannya organisme jamur
b. ditemukannya mikroskop sederhana oleh Anthoni van Leuwenhoek
c. ditemukannya organisme uniseluler yang disebut protista
d. ditemukannya organisme prokariotik
e. ditemukannya jenis tumbuhan baru
2. Pada sistem klasifikasi filogeni, dua makhluk hidup yang berbeda dan dikelompokkan pada tingkat takson yang semakin tinggi akan memiliki …
a. Persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
b. Persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
c. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup makin jauh
d. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup semakin dekat
e. Antar makhluk hidup tidak saling memiliki hubungan perkerabatan
3. Kelompok makhluk hidup dibawah ini yang memiliki hubungan perkerabatan yang dekat adalah …
1. Oryza sativa (padi)
2. Phaseolus vulgaris (buncis)
3. Beta vulgaris (gula Biet)
4. Phaseolus radiatus (Kacang hijau)
5. Kanabis sativa (ganja)
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 4
4. Nama ilmiah dari tanaman seperti gambar dibawah ini adalah …
a. Cana edulis
b. Canabis sativus
c. Manihot utilisima
d. Oryza sativa
e. Zea mays
5. Nama ilmiah seperti: Zalaca edulis (salak), Tapirus indicus (tapir) dan Anoa depresicornis (anoa), merupakan salah satu syarat nomenklatur binomial jenis …
a. Nama ilmiah harus terdiri atas 2 suku kata
b. Nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
c. Kata pertama menunjukkan keterangan dari kata kedua
d. Kata pertama menunjukkan genus dari species tersebut
e. Singkatan dibelakang nama ilmiah menunjukkan takson genus
6. Penulisan nama ilmiah sesuai aturan Nomenklatur binomial dari tanaman kembang sepatu adalah …
a. Hibiscus-rosa sinensis
b. Hibiscus Rosa Sinensis
c. Hibiscus rosa-sinensis
d. hibiscus Rosa-sinensis
e. Hibiscus rosa-Sinensis
7. Nama ilmiah dari kucing hutan adalah …
a. Felix catus
b. Felix domestica
c. Felix tigris
d. felix leo
e. felix felixa
8. Alasan penggunaan bahasa latin dalam penamaan makhluk hidup (Nomenklatur binomial) adalah .....
a. Bahasa latin bersifat universal
b. Hanya ada satu nama untuk beberapa makhluk hidup
c. Bahasa latin adalah bahasa yang berkembang
d. Negara latin merupakan tempat lahirnya para ilmuwan
e. Bahasa latin merupakan bahasa international
9. Kelompok-kelompok makhluk hidup dari yang banyak persamaannya dalam satu kelompok, sampai yang sedikit persamaannya. Tingkatan kelompok makhluk hidup disebut …..
a. taksonomi
b. takson
c. klasifikasi
d. identifikasi
e. determinasi
10. Nangka, sukun, cempedak adalah kelompok tanaman yang buahnya berduri, daun berukuran besar, dan memiliki bunga jantan dan betina. Cara pengelompokkan tersebut didasarkan pada sistem klasifikasi .....
a. klasifikasi sistem sistem natural
b. Sistem klasifikasi sistem buatan
c. Sistem klasifikasi sistem alami
d. Sistem klasifikasi sistem filigeni
e. Sistem klasifikasi sistem taksonomi
11. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat. Ia mengumpulkan specimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya ke dalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu, dan herba.
Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi …....
a. Buatan oleh Charles Darwin
b. Alami oleh carolus linnaeus
c. Filogeni oleh charles darwin
d. Buatan oleh Aristoteles
e. Alami dan filogeni
12.Pernyataan yang tepat untuk sistem klasifikasi buatan adalah …....
a. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang dikembangkan oleh Charles Darwin
b. Sistem pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan sejarah asal usulnya
c. Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup dengan melihat hubungan perkerabatannya
d. Sitem pengelompokkan makhluk hidup dengan mengutamakan ciri yang mudah diamati baik dari dalam maupun dari luar
e. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang mengutamakan tujuan praktis, dan cara yang sederhana
13. Sistem klasifikasi yang mengelompokkan makhluk hidup dengan lihat persamaan sejarah evolusi makhluk hidup adalah …
a. sistem klasifikasi fillogeni
b. sistem klasifikasi buatan
c. sistem klasifikasi alami
d. sistem klasifikasi natural
e. sistem klasifikasi artifisial
14.Manakah yang bukan merupakan tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup, kecuali ….
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup agar mudah di amati
b. Mengetahui hubungan perkerabatan antar makhluk hidup
c. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki
d. Mengurutkan proses perkembangan individu berdasarkan hubungan perkerabatan
e. Merubah susunan tubuh hewan berdasarkan urutannya
15. Pernyataan tentang pengelompokkan makhluk hidup.
1. memudahkan pengenalan
2. memudahkan penyimpanan
3. membuat lebih teratur dan rapi
4. Memudahkan pencarian
5. Membuat beragam bentuk baru
Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi adalah ….
a. 1 - 3 - 5
b. 2 - 4 - 5
c. 1 - 3 - 4
d. 2 - 3 - 5
e. 1 - 2 - 3
16. Berikut adalah nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang terdapat disekitar kita :
1. Curcuma domestica
2. Musa texstilis
3. Musa paradisiaca
4. Felix domestica
Berdasarkan nama ilmiahnya, manakah yang paling dekat kekerabatannya ?
A. 1dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4
17. Ikan dan katak dikelompokkan pada kelas berbeda, tetapi mempunyai persamaan yaitu ………….
A. poikiloterm
B. vivipar
C. ovovivipar
D. homototerm
E. eksoskeleton
18. Orang pertama yang memperkenalkan sistem nama ganda adalah …………..
A. Carolus Linnaeus
B. Aristoteles
C. Charles Darwin
D. Gregor Mendel
E. Antoni Van Leuwenhoek
19. Keuntungan nama ilmiah adalah …………………………
A. dikenal oleh ilmuwan lain
B. digunakan untuk beberapa jenis organisme
C. terdiri dari banyak nama ilmiah untuk satu jenis organisme
D. dikenal oleh ilmuwan biologi seluruh dunia
E. menggunakan bahasa Inggris
20. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh …………………….
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Robeert Hooke
E. Robeert H. Wittaker
21. Tanaman berikut berkerabat dekat dengan kacang tanah adalah …………….
A. jagung
B. padi
C. kedelai
D. kentang
E. ketela pohon
22. Di bawah ini yang menunjukkan nama suku adalah ………………
A. Rubiaceae
B. Rubiales
C. Myrtales
D. Hibiscus
E. Hibiscus rosasinensis
23. Pernyataan berikut yang benar mengenai Allium cepa (bawang merah) dan Allium sativum (bawang putih) adalah ……
A. jenis sama, marga sama
B. marga sama, suku berbeda
C. marga sama, jenis berbeda
D. jenis sama, marga berbeda
E. suku berbeda, jenis sama
24. Berdasarkan sistem klasifikasi lima kingdom, bakteri dan
ganggang biru termasuk kedalam dunia ……
A. AnimaliaB. Plantae
C. Fungi
D. Protista
E. Monera
25. Zea mays adalah nama ilmiah tanaman jagung. Kata Zea pada
nama ilmiah tersebut menunjukkan ……
A. familiaB. kelas
C. bangsa
D. genus
E. spesies
26. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk ……
A. menyederhanakan obyek studiB. melestarikan jenis makhluk hidup
C. memberi nama ilmiah untuk setiap makhluk hidup
D. menemukan ciri setiap makhluk hidup
E. menentukan persamaan sifat antara makhluk hidup
27. Seorang siswa menentukan tumbuhan dengan ciri sebagai berikut : batang pendek di dalam tanah berupa rizoma, berakar serabut, tidak mempunyai bunga, dan berkembang biak dengan spora. Tumbuhan tersebut termasuk ke dalam divisio......
A. Alga
B. Bryophyta
C. Pteridophyta
D. Gymnospermae
E. Fungi
28. Untuk tingkatan takson yang tertinggi sampai terendah adalah ………………
A. kingdom - phylum/division - classis - ordo - genus - familia – spesies
B. kingdom - phylum/division - classis - ordo - familia - genus - spesies
C. kingdom - phylum/division - classis - ordo - spesies - genus – familia
D. kingdom - kelas - filum/division - ordo - famili - genus - spesies
E. kingdom - ordo - kelas - filum/division - genus - famili - spesies
29. Berdasarkan system tata nama ganda (Binomial nomenclature) , cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah …………………………
A. Cocos nucifera
B. Cocos Nucufera
C. cocos Nucifera
D. cocos nucifera
E. COCOS NUCIFERA
30. Ilmu pengelompokkan makhluk hidup adalah...
A. taksonomi
B. sistematika
C. klasifikasi
D. morfologi
E. fisiologi
Essay
1. Sebut dan jelaskan tiga tahapan dalam klasifikasi makhluk hidup
2. Apakah yang dimaksud dengan pelestarian in-situ dan eks-situ. Berikan msing-masing tiga contoh !
3. Jelaskan kekayaan flora dan fauna yang bagaimana, bisa dikatakan mempunyai nilai estetika dan nilai budaya !
4. Mengapa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan flora dan fauna yang mendukung keanekaragaman hayati ?
5. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman ekosistem
6. apa yang disebut keanekaragaman hayati !
7. Mengapa individu-individu dalam satu spesies menunjukkan keanekaragaman !
8. Apa yang dimaksud dengan sistem klasifikasi alami? Berikan contohnya?
9. Keanekaragaman makhluk hidup sangat penting artinya bukan hanya bagi manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya, mengapa demikian?
10. Apa yang dapat diambil manfaatnya jika kita mempelajari keanekaragaman hayati? Jelaskan
11. Tuliskan dua daerah cagar alam dan margasatwa di pulau Jawa dan tunjukkan jenis hewan yang dilindungi?
12. Seberapa besar kerusakan ekosistem di Indonesia dan apa penyebabkan? Jelaskan!
13. Tunjukkan hewan dan tumbuhan yang diambang kepunahan dan jelaskan upaya yang dilakukan agar tumbuhan dan hewan yang hampir punah dapat dilindungi dan dikembangbiakkan!
MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI :
- KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN KLASIFIKASI
- KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI
- KEGIATAN MANUSIA YANG MEMPUNGARUHI BIODIVERSITAS DAN KLASIFIKASI
- KEUNIKAN TUMBUHAN DAN HEWAN KHAS INDONESIA
- KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
- soal keanekaragaman hayati
Sumber :
http://mediabelajaronline.blogspot.com/2011/11/klasifikasi-dan-tata-nama-ilmiah.html
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas X. R GunawanSusilowarno, dkk, Grasindo, 2007
Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
BalasHapusJangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
jawaban?
BalasHapus